Monday, February 3, 2014

Soal TPA (Tes Potensi Akademik) Konversi Suhu

Sebelum saya membahas panjang lebar. Saya jelaskan dulu, kenapa mesti saya menulis artikel ini. Padahal tidak ada hubungannya dengan jurusan saya. Tapi karna temanku bertanya kemaren, jadi ada baiknya saya tulis saja dalam bentuk artikel. Hitung-hitung mungkin masih banyak juga yang belum tahu atau belum hafal rumusnya seperti apa. Baiklah sebelum membaca soal ada baiknya hafalkan dulu rumus berikut ini :

  1. Celcius ke Fahrenheit   =  (9/5 x celcius) + 32
   
  2. Celcius ke Reamur       =  4/5 x celcius
   
  3. Fahrenheit ke Celsius   =  5/9 x (fahrenheit - 32)
   
  4. Fahrenheit ke Reamur  =  4/9 x (fahrenheit - 32)
   
  5. Reamur ke Fahrenheit  =  (9/4 x reamur) + 32
   
  6. Reamur ke Celsius       =  5/4 x reamur
 
Gimana sobat...??? sudah hafal kan..?? Kalau sahabat sudah hafal, berarti tinggal jawab saja soal dibawah ini.
Contoh soal :
Skala 183 fahrenheit jika dikonversikan ke dalam derajat celcius sama dengan....????
a. 79,40
b. 83,9
c. 93,75
d. 97,75
Jawaban :
Langsung saja cari rumusnya kemudian kerja soalnya....!!!
Rumus yang cocok terdapat pada rumus ketiga yaitu "Fahrenheit ke Celcius"
Jadi :
5/9 X (Fahrenheit-32)
maka :
5/9 X (183-32) = 83,9

Mungkin seperti itulah cara kerjanya.... Terima Kasih... Semoga bermanfaat. 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment