Thursday, February 6, 2014

Soal TPA (Tes Potensi Akademik) Metode Cepat Dengan Tabel

Tips trik menjawab soal TPA ini mungkin sudah lama sekali. Saya pernah dapat ini ketika saya bimbel di tahun 2008. Mungkin karna banyak yang bertanya ke saya jadi, ada baiknya jika saya langsung saja menulisnya dalam bentuk artikel. mumpung blog pribadi saya ini masih sunyi dari pengunjung. Bagi yang rajin bimbel pasti semua sudah tau. Tapi tidak semua tempat bimbel pastinya mengajar tips trik seperti ini. Tanpa perlu berlama-lama dalam cerita ini ada baiknya jika langsung saja kita mulai saja ok... Berikut adalah contoh soal yang pernah saya dapat.:

Murid dalam suatu kelas memiliki hobi memancing dan/atau bermain catur. Jika dalam kelas tersebut terdapat 81 murid, yang hobi memancing adalah 29 murid, yang hobi memancing sekaligus hobi bermain catur 7 murid, dan yang tidak hobi memancing maupun hobi bermain catur ada 9 murid, murid yang hobi bermain catur adalah ...
a. 50
b. 36
c. 59
d. 41

 Penjelasan :
Kalau lihat soal seperti ini, yang terbersit di hati bahwa sangat mudah.
Untuk memahami soal diatas maka lihat dulu tabel diketahuinya:
Suka/Tidak SukaSuka MemancingTidak Suka MemancingJumlah
Suka Bermain Catur7Belum DiketahuiBelum Diketahui
Tidak Suka Bermmain CaturBelum Diketahui9Belum Diketahui
Jumlah29Belum Diketahui81

Jika anda sudah menggambarkan seperti diatas maka tentu sudah sangat mudah bukan...???
Jika anda ingin mengetahui "Tidak Suka Bermmain Catur dan Suka Memancing" berarti 29-7=22.
Jika anda ingin mengetahui "Tidak Suka Memancing" berarti 81-29=52.
Begitu seterusnya...

Selamat Mencoba.
Salam Sukses dari saya.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment