Thursday, February 6, 2014

Jenis-Jenis Huruf Japan (Cara Menulis dan Suku Kata Huruf Jepang)



Berbicara soal Jepang, wah... Mengingatkan saya waktu pertama kali berkunjung. Sebenarnya jenis huruf jepang  Ada 4 jenis huruf yang digunakan dalam tulisan Jepang, mereka adalah romanji atau romawi, kanji, huruf hiragana, dan huruf katakana. Namun pada artikel ini saya hanya akan memperlihatkan cara menulis huruf hiragana dan katakana. Maklumlah saya masih baru dalam bahasa Jepang. Itupun baru sekali menginjakkan kaki disana.

Huruf Jepang

Berikut penjelasan dan perbedaan dari 4 jenis huruf yang digunakan untuk menulis tulisan dalam bahasa Jepang. 
Romanji 
Meskipun cukup jarang digunakan, namun huruf romanji atau romawi seperti huruf yang kita gunakan sehari-hari dipakai oleh orang Jepang terutama untuk berkomunikasi dengan orang asing yang kesulitan memahami huruf kanji, hiragana, maupun katakana.
Huruf kanji
Huruf kanji awalnya berasal dari China, namun seiring perkembangan waktu, kini bentuk kanji jepang berbeda dengan tulisan China. Huruf kanji adalah huruf yang digunakan untuk menulis hampir semua kalimat non serapan dalam bahasa Jepang. Karena jumlahnya yang banyak (hampir sekitar 2000 huruf), huruf kanji cukup sulit namun sangat penting untuk dipelajari dan dihafal. 
Huruf hiragana 
Kalimat dalam bahasa Jepang biasanya ditulis dengan menggabungkan huruf kanji dan hiragana, dulu huruf hiragana dikenal dengan sebutan onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena lebih sering digunakan menulis oleh wanita.


Huruf Katakana
Merupakan jenis huruf dalam tulisan Jepang yang digunakan untuk menulis kalimat-kalimat serapan dari bahasa asing, nama nama Jepang, nama kota atau tempat di luar Jepang, menuliskan bunyi atau suara binatang.
Kalau gambarnya tidak jelas. Silahkan cari filenya di nhk...
Terima Kasih...
Sampai Jumpa...
 
 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment